Jumat, 15 September 2017

Cara Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072610_14.jpg

1.Cara memelihara udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu nomor satu, pertama yang wajib di sterilkan yakni media air terlebih dulu. Taburlah Yatop 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dikombinasikan air, usahakan penaburan dengan rata. Hal ini bertujuan biar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan senang saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan besar. Usahakan setiap 1 pekan sekali di tabur yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga ekosistem di wilayah tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, gesit dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali merupakan hal yang harus, dikarenakan untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan pupuk yatop dalam 1 hektar berkisar 15 liter sampai panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat subur ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang susah moulting pasti ada sesuatu yang salah di dalam tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya malas untuk mengeceknya. Rata-rata pembudidaya kita ingin instan. Penyebab udang tidak moulting karena kulit udang yang mengeras. Solusinya yakni Taburkan pupuk yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat yatop itu perih kalau terkena luka, rasa perihnya itu dalam hitungan detik atau menit, apabila kena kulit udang maka udang akan lebih cepat berganti kulit. Seringkali udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?Udang stress/teller

dikarenakan banyak faktor, seperti misalnya adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop merupakan pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya yakni kalau tutup botol sedikit di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan sering naik ke atas maka solusi tepatnya dengan cara menaburkan Pupuk Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 hingga 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka tebarkan lagi pupuk yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka lakukan penaburan pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara terus menerus setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu pekan dikarenakan akan menyebabkan udang stress kembali.

4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih dapat diperbaiki, caranya adalah harus dikembalikan ke alam. Gunakan kotoran sapi, karena di dalam lument sapi banyak mikroba yang bermanfaat buat tanah dan dapat bertahan selama 3 bulan lamanya. Resep pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi selama 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu taburkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan selama 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Buat Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai kota di Indonesia. Keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama kelamaan air tersebut akan terasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam 3 hari berubah warnanya. Makanya kami memberikan saran sebelum udang dimasukan ke tambak sebaiknya ditabur yatop terlebih dahulu apabila sudah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan melakukan uji coba kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi pupuk yatop maka lumpurnya akan berubah menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka hasilnya udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di berikan pupuk yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat kejadian seperti itu maka solusinya Tebarkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang telah memakai pupuk Yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan